Nama
: Zakia Nurul Aini
NIM
: 1730511083
Mata
Kuliah : Interaksi Manusia dan Komputer
Prodi
: Teknik Informatika B
Universitas
Muhammadiyah Sukabumi
Aplikasi
Pengenalan Tata Surya dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 di MI Cibatu Kec.
Cisaat.
Pengertian Adobe Flash
Adobe Flash
(dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer
yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk
membuat gambar vektor
maupun animasi
gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file
extension .swf
dan dapat diputar di penjelajah web
yang telah dipasangi Adobe Flash Player.
Flash menggunakan bahasa pemrograman
bernama ActionScript
yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun
1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash.
Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia'
adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi
Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah
menjadi Adobe Flash.
Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan
kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi
tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan
perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara
kerja dan penggunaan aplikasi tersebut.
Seiring perkembangan teknologi
yang ada saat ini, media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan
teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, dan computer.
Sejarah Adobe Flash
Sejarah flash dapat
kita telusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay menggunakan
computer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar computer.
Dia mengajukan dan mengikut sertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint
dalam pameran sains sekolah. Setelah dia menang, program buatannya menarik perhatian
bagi pengembang software local Charlie Jackson.
Pada musim panas 1995,
SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat
digunakan untuk membuat animasi, namun FutureWave agak pesimis mengenai
pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS
atau CD-ROM. Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana
grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk
memasarkan aplikasi yang mampu
menghasilkan animasi dua dimnsi. Kemudian SmartKetch Animator. Namun,
nama SmartKetch Animator dirasakan kkurang menjual, sehingga nama tersebut
diubah menjadi CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai
Shockwave plugin browser untuk produk animatornya bernama Director mendekati
Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi
Flash 1.0. selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian
dimana mana. Flash 3 dan Generator menyusul April 1998. Karena tekanan adobe
yang mempromosikan format SVG-Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf
bagi public. Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000.
Keunggulan Adobe Flash:
1.
Merupakan teknologi animasi web yang
paling popular saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
2.
Ukuran file yang kecil dengan
kualitas yang baik.
3.
Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
4.
Dapat membuat website, cd-interaktif,
animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, dsb.
5.
Dapat ditampilkan diberbagai media
seperti web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA
6. Adanya Actionscript.
Kelemahan Adobe
Flash:
Terlepas adanya kelebihan-kelebihan
tersebut ternyata Macromedia Flash tidaklah dengan mudah bisa digunakan
terutama bagi pemula. Didalam Macromedia Flash kita harus menghafalkan beberapa
perintah untuk bisa membuat presentasi yang menarik. Kekurangan dari program
aplikasi Flash, salah satunya adalah computer yang ingin memainkan animasi
flash harus memiliki flash player.
Pengertian Tata
surya
Tata
surya merupakan pelajaran yang mempelajari tentang kumpulan benda-benda langit
yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang
terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut adalah 8 buah planet yang
sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, 5 planet kerdil/katai, 173
satelit alami yang telah diidentifikasi dan jutaan benda langit (meteor,
asteroid, komet). Tata surya (solar system), atau yang juga disebut keluarga
matahari, adalah suatu system yang terdiri dari matahari sebagai pusat tata
surya dan dikelilingi dengan planet-planet, komet (bintang berekor), meteor
(bintang beralih), satelit, dan asteroid.
Jika
diamati dari ruang angkasa, maka bumi terlihat seperti sebuah bola kecil yang
bergerak mengelilingi sebuah bintang yaitu matahari. Semua benda-benda
astronomi tersebut tersusun menjadi satu kesatuan dan membuat sebuah system
yang sangat teratur. Sehingga antara planet
satu dengan planet yang lain tidak mengalami tabrakan. Sebuah system sempurna
yang disebut sebagai tata surya.
disebut
sebagai tata surya.
1. Bintang
di Tata Surya
Bintang merupakan salah satu anggota tata surya yang
memiliki sifat istimewa karena bisa memancarkan cahaya sendiri.
2. Planet-Planet
Sifat planet berbeda dengan bintang, planet merupakan
benda langit yang tidak memancarkan cahaya sendiri, tetapi hanya merefleksikan
cahaya matahari. Menurut International Astronomical Audit (IAU), planet adalah
benda langit yang mempunyai orbit mengelilingi matahari.
3. Satelit
di Tata Surya
Satelit merupakan anggota tata surya yang selalu
mengitari planet. Semua satelit akan bergerak mengelilingi matahari Bersama
dengan planet yang diputarinya.
4. Asteroid
di Tata Surya
Asteroif adalah benda astronomi yang berbentuk pecahan
kecil dan beredar pada lintasan yang terletak diantara orbit planet Mars dan
Yupiter.
5. Komet
(Bintang Berekeor)
Komet adalah benda langit yang berukuran kecil.
Material penyusun komet terdiri dari sejumlah
partikel-partikel bebatuan, kristal, es, dan gas.
6. Meteor
atau Meteorid
Meteor adalah benda langit yang bergerak cepat dan
memiliki lintasan yang tidak teratur. Jika anda pernah mendengar istilah
bintang jatuh, itu merupakan sebuah meteor yang bisa dilihat oleh manusia.
7. Matahari
Sebagai Pusat Tata Surya
Matahari
merupakan bintang di tata surya dengan massa yang sangat berat (300.000 kali
massa bumi) dan jaraknya paling dekat dengan bumi. Meskipun begitu matahari
adalah bintang menjadi bintang terbesar dalam system tata surya kita.
Definisi
Konteks Aplikasi
Aplikasi
ini merupakan media untuk mempermudah belajar mengajar siswa dan guru, juga
dapat membantu agar siswa/I tidak mudah bosan dalam belajar. Juga mempermudah
pemahahan akan planet-planet. Karena pengenalan obyek planet-planet tata surya
pada saat ini sangat monoton, dengan adanya aplikasi ini mungkin murid juga
dapat belajar sambil bermain game juga. Sehingga dapat memberikan proses
pembelajaran yang menarik bagi siswa sekolah dasar.
Gambaran
pengguna aplikasi ini yaitu guru, murid juga wali murid dapat menggunakannya.
Kondisi
setiap user atau pengguna yang terlibat dalam penggunaan aplikasi ini:
1) User
memiliki atau dapat menggunakan handphone dengan baik
2) Handphone
user dapat mengakses internet atau memiliki data seluler
3) User
dapat menjelaskan cara penggunaan aplikasi tersebut kepada siswa/i
4) User
dapat memahami aplikasi tersebut.
5) Bahasa
yang digunakan Bahasa Indonesia
6) Usia
user dari 11-30 tahunan
7) Jenis
kelamin laki-laki dan perempuan.
Kondisi pengelola:
Ø Usia
berusia 20 tahun
Ø Jenis
kelamin perempuan
Ø Wilayah
daerah cibatu, cisaat
Ø Bahasa
menggunakan Bahasa Indonesia.
Ø Kemampuan
dalam menggunakan computer sangat baik.
Ø Kesukaan
pengelola dalam membuat aplikasi ini tidak bergantung bagaimana kesukaan
pengelola itu sendiri, juga memperhatikan kesukaan user sebagai pengguna
aplikasi tersebut.
Analisis Sistem:
Analisis system
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana system bekerja
dan untuk mempelajari system yang ada. Untuk mengetahui permasalahan dari
system Aplikasi Pengenalan Tata Surya di MI Cibatu, Kec. Cisaat. Yang
selanjutnya mencari solusi pemecahan, permasalahan tersebut dengan
mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan system untuk mengajukan system usulan yang
akan dikembangkan
Analisis Sistem Berjalan
Analisis
system yang sedang berjalan bertujuan untuk mengetahui
permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam proses Aplikasi Pengenalan Tata
Surya di MI Cibatu Kec. Cisaat, dari hasil observasi dalam system berjalan yang
dilakukan oleh penulis, diperoleh analisis berjalan sebagai berikut:
Kondisi Awal:
·
Guru memasuki kelas
·
Ketua kelas memimpin do’a
sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan materi
tentang tata surya
·
Murid mendengarkan materi
yang disampaikan
·
Guru memberikan catatan
materi kepada si murid
·
Murid mencatat materi
yang sudah dicatat oleh guru di whiteboard
Kondisi Akhir:
·
Siswa menonton video
interaktif tersebut.
Workflow Sistem Berjalan
Analisis Permasalahan:
·
Murid jarang mendengarkan
dengan baik jika guru sedang menerangkan
·
Murid jarang mencatat
jika disuruh mencatat
Analisis Pemecahan Masalah:
Untuk
solusi dalam aplikasi ini, pastikan keadaan internet stabil sehingga proses
pembelajaran tidak terganggu. Untuk tidak terganggu dengan adanya iklan anda
dapat mendownloadnya. Sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar.
Usulan Penyelesaian Baru:
Untuk
menyelesaikan masalah diatas, maka penulis mengusulkan alur yang baru untuk
mempermudah proses pembelajaran pengenalan tata surya, yaitu dengan dibuatnya
video media interaktif pengenalan tata surya (studi kasus pada sekolah MI
Cibatu Kec. Cisaat Kab. Sukabumi).
Analisis Kebutuhan dan Usulan Sistem:
1. Analisis
Kebutuhan Sistem,
Analisis kebutuhan system
dilakukan untuk apa saja yang dibutuhkan oleh system. Kebutuhan system yang
dibutuhkan dalam pembuatan video media interaktif penganalan tata surya, yaitu
sebagai berikut:
·
Form yang dibutuhkan
a. Form
Utama
b. Form
menu pilihan
c. Form
materi
d. Form
Gambar
e. Form
Game
·
Perangkat Pembangunan
system:
I.
Analisis kebutuhan
perangkat lunak
Merupakan analisis yang dilakukan pada perangkat lunak
yang dilakukan oleh penulis dalam membangun media pembelajaran di MI Cibatu
Kec. Cisaat, Kab. Sukabumi
2. Usulan
Sistem
Adapun alur usulan baru
adalah sebagai berikut:
1. Pengelola
membuka aplikasi youtube
2. Pengelola
mengupload video yang sudah jadi di aplikasi youtube.
3. User
dapat mendownload video tersebut di youtube si pengelola
4. User
menonton video pada handphone masing-masing atau tidak bisa streaming.
a. Halaman
utama pada indeks terdapat form utama.
b. Halaman
berikutnya terdapat form menu pilihan, merupakan tempat melakukan berbagai
macam, dimana user dapat memilih diantaranya:
·
Form materi
·
Form gambar
·
Form game
a. Halaman
berikutnya, yaitu form gambar. Merupakan tempat berbagai macam gambar dari
system yang dibuat.
b. Halaman
di form game, dihalaman tersebut user dapat memainkan game.
Perancangan IMK
·
Perancangan tampilan:
Merupakan pemodelan
tampilan dari system yang dapat dilihat pengguna. Adapun perancangan tampilan
dari aplikasi pengenalan tata surya di MI Cibatu Kec. Cisaat adalah sebagai
berikut:
- Form Utama
Pada form menu pilihan terdapat beberapa
form, yaitu materi, gambar serta penjelasannya.
Pada form materi terdapat beberapa materi
yang akan di jelaskan kepada user.
Form gambar ini akan memberitahukan kepada
user seperti apa gambar benda luar angkasa tersebut.
Komentar
Posting Komentar