Nama : Zakia Nurul Aini

NIM : 1730511083

Mata Kuliah : Interaksi Manusia dan Komputer

Prodi : Teknik Informatika B

Universitas Muhammadiyah Sukabumi



Aplikasi Pengenalan Tata Surya dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 di MI Cibatu Kec. Cisaat.


Pengertian Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash. 

Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut.
    Seiring perkembangan teknologi yang ada saat ini, media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, dan computer.


Sejarah Adobe Flash
            Sejarah flash dapat kita telusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay menggunakan computer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar computer. Dia mengajukan dan mengikut sertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains sekolah. Setelah dia menang, program buatannya menarik perhatian bagi pengembang software local Charlie Jackson.
            Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi, namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM. Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu  menghasilkan animasi dua dimnsi. Kemudian SmartKetch Animator. Namun, nama SmartKetch Animator dirasakan kkurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
    
Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave plugin browser untuk produk animatornya bernama Director mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0. selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian dimana mana. Flash 3 dan Generator menyusul April 1998. Karena tekanan adobe yang mempromosikan format SVG-Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi public. Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000.

Keunggulan Adobe Flash:
1.      Merupakan teknologi animasi web yang paling popular saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
2.      Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
3.      Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
4.      Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, dsb.
5.      Dapat ditampilkan diberbagai media seperti web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA
6.    Adanya Actionscript.
Kelemahan Adobe Flash:
           Terlepas adanya kelebihan-kelebihan tersebut ternyata Macromedia Flash tidaklah dengan mudah bisa digunakan terutama bagi pemula. Didalam Macromedia Flash kita harus menghafalkan beberapa perintah untuk bisa membuat presentasi yang menarik. Kekurangan dari program aplikasi Flash, salah satunya adalah computer yang ingin memainkan animasi flash harus memiliki flash player. 

Pengertian Tata surya
Tata surya merupakan pelajaran yang mempelajari tentang kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut adalah 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, 5 planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet). Tata surya (solar system), atau yang juga disebut keluarga matahari, adalah suatu system yang terdiri dari matahari sebagai pusat tata surya dan dikelilingi dengan planet-planet, komet (bintang berekor), meteor (bintang beralih), satelit, dan asteroid.
Jika diamati dari ruang angkasa, maka bumi terlihat seperti sebuah bola kecil yang bergerak mengelilingi sebuah bintang yaitu matahari. Semua benda-benda astronomi tersebut tersusun menjadi satu kesatuan dan membuat sebuah system yang sangat teratur.  Sehingga antara planet satu dengan planet yang lain tidak mengalami tabrakan. Sebuah system sempurna yang disebut sebagai tata surya.
disebut sebagai tata surya.
1.      Bintang di Tata Surya
Bintang merupakan salah satu anggota tata surya yang memiliki sifat istimewa karena bisa memancarkan cahaya sendiri.
2.      Planet-Planet
Sifat planet berbeda dengan bintang, planet merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahaya sendiri, tetapi hanya merefleksikan cahaya matahari. Menurut International Astronomical Audit (IAU), planet adalah benda langit yang mempunyai orbit mengelilingi matahari.
3.      Satelit di Tata Surya
Satelit merupakan anggota tata surya yang selalu mengitari planet. Semua satelit akan bergerak mengelilingi matahari Bersama dengan planet yang diputarinya.
4.      Asteroid di Tata Surya
Asteroif adalah benda astronomi yang berbentuk pecahan kecil dan beredar pada lintasan yang terletak diantara orbit planet Mars dan Yupiter.
5.      Komet (Bintang Berekeor)
Komet adalah benda langit yang berukuran kecil. Material penyusun komet terdiri dari sejumlah  partikel-partikel bebatuan, kristal, es, dan gas.
6.      Meteor atau Meteorid
Meteor adalah benda langit yang bergerak cepat dan memiliki lintasan yang tidak teratur. Jika anda pernah mendengar istilah bintang jatuh, itu merupakan sebuah meteor yang bisa dilihat oleh manusia.
7.      Matahari Sebagai Pusat Tata Surya
Matahari merupakan bintang di tata surya dengan massa yang sangat berat (300.000 kali massa bumi) dan jaraknya paling dekat dengan bumi. Meskipun begitu matahari adalah bintang menjadi bintang terbesar dalam system tata surya kita.
Definisi Konteks Aplikasi
Aplikasi ini merupakan media untuk mempermudah belajar mengajar siswa dan guru, juga dapat membantu agar siswa/I tidak mudah bosan dalam belajar. Juga mempermudah pemahahan akan planet-planet. Karena pengenalan obyek planet-planet tata surya pada saat ini sangat monoton, dengan adanya aplikasi ini mungkin murid juga dapat belajar sambil bermain game juga. Sehingga dapat memberikan proses pembelajaran yang menarik bagi siswa sekolah dasar.
Gambaran pengguna aplikasi ini yaitu guru, murid juga wali murid dapat menggunakannya.
Kondisi setiap user atau pengguna yang terlibat dalam penggunaan aplikasi ini:
1)      User memiliki atau dapat menggunakan handphone dengan baik
2)      Handphone user dapat mengakses internet atau memiliki data seluler
3)      User dapat menjelaskan cara penggunaan aplikasi tersebut kepada siswa/i
4)      User dapat memahami aplikasi tersebut.
5)      Bahasa yang digunakan Bahasa Indonesia
6)      Usia user dari 11-30 tahunan
7)      Jenis kelamin laki-laki dan perempuan.
Kondisi pengelola:
Ø  Usia berusia 20 tahun
Ø  Jenis kelamin perempuan
Ø  Wilayah daerah cibatu, cisaat
Ø  Bahasa menggunakan Bahasa Indonesia.
Ø  Kemampuan dalam menggunakan computer sangat baik.
Ø  Kesukaan pengelola dalam membuat aplikasi ini tidak bergantung bagaimana kesukaan pengelola itu sendiri, juga memperhatikan kesukaan user sebagai pengguna aplikasi tersebut.

Analisis Sistem:
Analisis system dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana system bekerja dan untuk mempelajari system yang ada. Untuk mengetahui permasalahan dari system Aplikasi Pengenalan Tata Surya di MI Cibatu, Kec. Cisaat. Yang selanjutnya mencari solusi pemecahan, permasalahan tersebut dengan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan system untuk mengajukan system usulan yang akan dikembangkan

Analisis Sistem Berjalan
            Analisis system yang sedang berjalan bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam proses Aplikasi Pengenalan Tata Surya di MI Cibatu Kec. Cisaat, dari hasil observasi dalam system berjalan yang dilakukan oleh penulis, diperoleh analisis berjalan sebagai berikut:

Kondisi Awal:
·         Guru memasuki kelas
·         Ketua kelas memimpin do’a sebelum memulai pelajaran
·         Guru memberikan materi tentang tata surya
·         Murid mendengarkan materi yang disampaikan
·         Guru memberikan catatan materi kepada si murid
·         Murid mencatat materi yang sudah dicatat oleh guru di whiteboard
Kondisi Akhir:
·         Siswa menonton video interaktif tersebut.
Workflow Sistem Berjalan



Analisis Permasalahan:
·         Murid jarang mendengarkan dengan baik jika guru sedang menerangkan
·         Murid jarang mencatat jika disuruh mencatat
Analisis Pemecahan Masalah:
            Untuk solusi dalam aplikasi ini, pastikan keadaan internet stabil sehingga proses pembelajaran tidak terganggu. Untuk tidak terganggu dengan adanya iklan anda dapat mendownloadnya. Sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar.
Usulan Penyelesaian Baru:
            Untuk menyelesaikan masalah diatas, maka penulis mengusulkan alur yang baru untuk mempermudah proses pembelajaran pengenalan tata surya, yaitu dengan dibuatnya video media interaktif pengenalan tata surya (studi kasus pada sekolah MI Cibatu Kec. Cisaat Kab. Sukabumi).
Analisis Kebutuhan dan Usulan Sistem:
1.      Analisis Kebutuhan Sistem,
Analisis kebutuhan system dilakukan untuk apa saja yang dibutuhkan oleh system. Kebutuhan system yang dibutuhkan dalam pembuatan video media interaktif penganalan tata surya, yaitu sebagai berikut:
·         Form yang dibutuhkan
a.       Form Utama
b.      Form menu pilihan
c.       Form materi
d.      Form Gambar
e.       Form Game
·         Perangkat Pembangunan system:
                                                        I.            Analisis kebutuhan perangkat lunak
Merupakan analisis yang dilakukan pada perangkat lunak yang dilakukan oleh penulis dalam membangun media pembelajaran di MI Cibatu Kec. Cisaat, Kab. Sukabumi
2.      Usulan Sistem
Adapun alur usulan baru adalah sebagai berikut:
1.      Pengelola membuka aplikasi youtube
2.      Pengelola mengupload video yang sudah jadi di aplikasi youtube.
3.      User dapat mendownload video tersebut di youtube si pengelola
4.      User menonton video pada handphone masing-masing atau tidak bisa streaming.

a.       Halaman utama  pada indeks terdapat form utama.
b.      Halaman berikutnya terdapat form menu pilihan, merupakan tempat melakukan berbagai macam, dimana user dapat memilih diantaranya:
·         Form materi
·         Form gambar
·         Form game
a.       Halaman berikutnya, yaitu form gambar. Merupakan tempat berbagai macam gambar dari system yang dibuat.
b.      Halaman di form game, dihalaman tersebut user dapat memainkan game.
Perancangan IMK
·         Perancangan tampilan:
Merupakan pemodelan tampilan dari system yang dapat dilihat pengguna. Adapun perancangan tampilan dari aplikasi pengenalan tata surya di MI Cibatu Kec. Cisaat adalah sebagai berikut:
- Form Utama
Pada form menu pilihan terdapat beberapa form, yaitu materi, gambar serta penjelasannya. 


Pada form materi terdapat beberapa materi yang akan di jelaskan kepada user.
Form gambar ini akan memberitahukan kepada user seperti apa gambar benda luar angkasa tersebut.










Komentar

Postingan Populer